5 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

    Home/Kesehatan / 5 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala Saat Puasa
5 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

5 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

Posted in Kesehatan Admin 0

Saat berpuasa tubuh harus melakukan adaptasi dengan pola makan baru, di mana kamu tidak makan siang dan harus sarapan lebih awal yaitu saat sahur. Nah, salah satu dampak yang paling sering dialami orang-orang adalah munculnya sakit kepala saat berpuasa.

Hal ini lumrah kok, karena di siang hari kamu harus melakukan berbagai aktivitas dengan kondisi perut yang kosong. Ditambah kondisi lain yang sedang kamu alami seperti dehidrasi, hipoglikemia, anemia, kurang istirahat, yang semakin meningkatkan resiko sakit kepala.

Tapi tenang, kamu gak perlu khawatir apalagi sampai membatalkan puasa untuk bisa minum obat. Sebab ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat berpuasa tanpa harus membatalkan puasa. Ini dia tipsnya.

1. Istirahat dan menutup mata selama beberapa saat
Ketika kamu mulai merasakan sakit di bagian kepala, segera cari tempat untuk berbaring, tutup mata selama beberapa saat dan buat dirimu sendiri merasa rileks. Cara ini efektif untuk mengatasi sakit kepala dan juga migrain. Kalau kamu gak bisa menemukan tempat untuk berbaring, kamu bisa duduk dengan tenang dan memejamkan mata selama beberapa waktu.

2. Kompres dengan air hangat atau dingin
Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi sakit kepala saat berpuasa adalah mengompres leher dan pangkal tengkorak dengan air hangat. Cara ini dapat meredakan ketegangan dan melancarkan sirkulasi darah. Nah, kalau cara ini masih belum berhasil meredakan sakit kepala yang kamu alami, coba ganti air hangat dengan es batu.

3. Tidur
Mungkin juga sakit kepala yang kamu rasakan adalah akibat dari terlalu sering menahan kantuk. Kalau sudah begini, cara paling tepat untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan istirahat dan tidur dengan nyenyak selama beberapa saat. Dengan begini, niscaya kamu bangun dengan kondisi fisik yang bugar dan kepala pun terasa lebih enteng. Kendati demikian, jangan tidur terlalu lama karena hal tersebut dapat menguras energi dan membuat kamu bangun dalam keadaan lemas dan haus.

4. Meditasi
Sakit kepala juga bisa disebabkan karena kondisi fisik yang tegang dan terlalu banyak pikiran. Untuk mengatasinya, kamu cukup bermeditasi selama beberapa saat. Tarik napas dalam-dalam, lupakan segala beban, buang semua pikiran negatif, dan visualisasikan gambaran yang positif dan menenangkan. Dalam bidang medis, relaksasi menjadi salah satu teknik yang kerap digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan kontraksi otot.

5. Lakukan pijatan ringan
Hal selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi keluhan sakit kepala ataupun migrain adalah dengan memijat bagian leher dan pelipis secara perlahan. Pijatan di daerah tersebut terbukti mampu melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi ketegangan.

Gimana? Mudah kan? Selain tips di atas, pastikan kamu juga mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi saat sahur dan berbuka untuk mengurangi frekuensi kekambuhan sakit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *