Gejala Sindrom Guillain Barre

    HomeKesehatan Gejala Sindrom Guillain Barre
Gejala Sindrom Guillain Barre

Gejala Sindrom Guillain Barre

Admin

Pernahkah anda mendadak mengalami kesemutan, nyeri yang dimulai dari organ bagian bawah sampai organ bagian atas? Ternyata apabila kondisi tersebut terus terjadi, dapat memicu terjadinya kelumpuhan. Kondisi tersebut dinamakan dengan sindrom gullain barre (GBS) yang merupakan gangguansaraf  yang menyerang sistem saraf perifer yang berperan mengirim sinyal ke otak. Sindrom tersebut tergolong jenis gangguan yang cukup jarang terjadi. Apabila terjadi sindrom tersebut, maka otot akan melemah. Penyakit GBS tersebut dapat memengaruhi sistem saraf lainnya, sehingga sangat berpotensi terjadinya gangguan-gangguan lainya, seperti gangguan detak jantung, gangguan pernapasa, dan gangguan tekanan darah. Lebih lanjut, resiko yang disebabkan yaitu terjadinya kebekuan darah yang beresiko terjadi stroke.

Gejala Sindrom Guillain Barre

Sumber gambar: alodokter.com

Sindrom tersebut mulai menyerang seseorang pada usia dewasa sampai lanjut usia dengan gejala-gejala yang berbeda-beda. Dilansir dari halodoc.com, sindrom tersebut menyerang 100.000 orang dalam 1 tahun.Terjadinya penyakit GBS tersebut tidak melihat jenis kelaminp enderitanya, sehingga penyakit tersebut dapat menyerang perempuan ataupun laki-laki.

Pada kondisi awal terjadinya sindrom guillain barre ditandai denganmunculnya gatal-gatal, kesemutan dan kelemahan pada kaki dan kemudian dapatmenjalar ke organ tubuh bagian ata sehingga ke bagian wajah. Ketika seseorang mengalami kelemahan tersebut, seseorang juga dapat berkembang mengalami kelumpuhan.

  1. Pada jari-jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan pergelangan kaki timbul rasa kesemutan seperti tertusuk
  2. Terjadi kelemahandan kesemutan yang parah pada kaki hingga menjalarke organ tubuh bagian Kondisi tersebut juga menyebabkan seluruh tubuh mengalami lemas.
  3. Detak jantung lebih cepat (seseorang yang mengalami penyakit tersebut merasakan jantungnya berdegup kencang)
  4. Bagian wajah sulit digerakkan sehingga terjadi keterbatasan berbicara, menelan, dan mengunyah
  5. Ketika berjalan tidak stabil (cenderung mudah goyah dan tidak dapat berjalan sama sekaali) dan tidak dapat menaiki tangga dengan benar).
  6. Terjadi gangguan pernapasan, seperti sesak
  7. Timbul rasa nyeri yang parah seperti Kondisi tersebut seringkali terjadi ketika malam hari.
  8. Buang air kecil dan buang air besar tidak dapat dikontrol. Seringkali penderita penyakit tersebut tidak dapat menjangkau kamar mandi sehingga dapat menyebabkan buang air kecil di tempat (mengompol).
  9. Abnormalitas fungsi usus
  10. Hilangnya refleks organ tangan dan kaki
  11. Timbul rasa gatal pada tangan dan kaki
  12. Terjadi tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi
  13. Terjadi gangguan penglihatan, seperti penglihatan buram dan mata juling
  14. Terjadi kelemahan otot
  15. Nyeri punggung bagianbawah

Seringkali hal yang terjadi, GBS tidak memunculkan pertanda. Gejala-gejala yang muncul dapat berbeda-beda pada setiap individu. Gejala tersebut juga dapat berkembang dengan sangat cepat disertai kelumpuhan pada kaki, lengan, otot juga pernapasan selama beberapa jam selanjutnya.

Nah, itulah gejala-gejala yang menunjukan timbulnya sindrom guillain barre pada seseorang. Sekilas, gejala tersebut tampak sederhana yang seperti kesemutan pada kaki dan tangan tersebut juga sangat perlu untuk anda waspadai sejak dini. Jangan sampai meremahkan gejala sekecil apapun yang timbul! Apabila gejala-gejal tersebut mucul satu per satu pada diri anda segera lakukan pemeriksaan dengant im medis untuk memeroleh pemeriksaan yang akurat dan dilakukan pengobatan dengan cepat dan tepat. Hal tersebut penting anda lakukan untuk meminimalisir timbulnya jenis penyakit lainya yang semakin memperburuk kondisi kesehatan anda. Apabila anda memerlukan informasi mendalam mengenai penyakit GBS tersebut, anda dapat mengakses informasi melalui aman https://www.klikdokter.com/penyakit/sindrom-guillain-barre