4 Sejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

    HomePendidikan 4 Sejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

4 Sejarah Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Admin

Tentunya anda mengerti jika Peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini menjadi salah satu kerajaan terbesar yang berada di wilayah Indonesia. Seringkali kerajaan ini disebut kerajaan yang terkuat. Dimana kerajaan tersebut memang mampu menguasai berbagai pulau seperti halnya Kamboja, Sumatera, Pulau Jawa, Pesisir Kalimantan maupun Semenanjung Malaya Thailand. Berkat kekuasaannya ini maka Kerajaan Sriwijaya ini akhirnya mencapai suatu keberhasilan dalam menguasai jalur perdagangan yang berada di wilayah Asia-Tenggara.

Mengenal Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sebetulnya nama kerajaan Sriwijaya ini di ambil dari dua kata yakni Sri dan juga Wijaya. Sri ini memiliki arti bercahaya atau gemilang sedangkan untuk kata Wijaya mempunyai arti sebuah kemenangan. Hingga akirnya tergabung Sriwijaya yang memiliki arti sebuah kemenangan yang gemilang. Hingga saat ini sejarah dari kerajaan tersebut masih dikenali oleh generasi penerus bangsa. Kerajaan Sriwijaya ini mencapai masa kejayaan tepatnya pada abad ke 9 dan juga 10. Dalam masa jayanya tersebut Sriwijaya pun mampu menguasai wilayah perdagangan baik dari jalur laut yang berada di daerah Asia Tenggara.

Kini Sriwijaya sudah mampu melakukan sebuah kolonisasi dengan beberapa kerajaan besar yang berada di wilayah Asia-Tenggara. Jangkauannya memang cukup luas mulai dari Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaya, Filipina, Vietnam maupun Kamboja. Kekuasaan yang sudah dimiliki oleh Kerajaan Sriwijaya ini meliputi adanya pengendalian rute mengenai kegiatan perdagangan local dan juga rempah.

Dimana dalam transaksi yang mereka lakukan kebanyakan sudah menggunakan bea cukai untuk semua kapal yang telah lewat. Tak hanya mampu mengumpulkan sebuah kekayaan dari bidang maritime saja tetapi juga gudang perdagangan yang ada di Pasar India maupun Tiongkok.
Peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya

Sebagai negara yang maju dan berkembang pada zamannya tentu saja memiliki beberapa peninggalan sejarah yang mungkin bisa kita ketahui. Simak saja uraian peninggalan Kerajaan Sriwijaya zaman dulu berikut ini:

1. Prasasti Talang Tuo

Kebanyakan dari peninggalan bersejarah sebuah kerajaan memang dala bentuk prasasti. Kali ini peninggalan Kerajaan Sriwijaya hadir dengan prasasti Talang Tuo. Dimana prasasti yang satu ini telah ditemukan pada abad ke 684 Masehi yang berada dibagian barat Palembang.

2. Prasasti Kedukan Bukit

Bukti peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang satu ini telah ditemukan pada abad yang ke 638 Masehi tepatnya di Palembang. Prasasti yang menjelaskan tentang ekspansi selama 8 hari yang sudah dilakukan oleh Dapunta Hyang bersama dengan tentara sejumlah 20.000 orang ini akhirnya berhasil menakhlukkan beberapa daerah lainnya sampai kerajaan Sriwijaya mencapai kemakmuran.

3. Prasasti Kota Kapur

Dimana prasasti tersebut berhasil ditemukan tepatnya abad 686 Masehi. Dimana prasasti tersebut berhasul ditemukan sekitar daerah Bangka. Dalam prasasti ini menjelaskan tentang sebuah permohonan kepada Dewa untuk memberikan keselamatan pada Kerajaan Sriwijaya dan semua rakyatnya.

Itulah tadi beberapa uraian singkat mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Sebetulnya masih ada benda bersejarah lainnya yang bisa anda ketahui, selengkapnya https://kalimat.id.