Mempelajari Sejarah Kerajaan Majapahit Secara Singkat

    HomePendidikan Mempelajari Sejarah Kerajaan Majapahit Secara Singkat
Sejarah Kerajaan Majapahit

Mempelajari Sejarah Kerajaan Majapahit Secara Singkat

Admin

Daerah Indonesia ini tentu saja mempunyai beberapa kerajaan besar yang sudah tersebar. Dimana semuanya memberikan benda peninggalan tersendiri yang mampu membuat kita mengenang sejarahnya. Mempelajari sejarah memang penting bagi kita terlebih sebagai anak muda penerus bangsa. Pembahasan kali ini cukup singkat saja tentang sejarah Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang satu ini menjadi salah satu kerajaan yang tergolong terbesar di Indonesia dengan corak agama Hindu.

Kerajaan yang satu ini telah didirikan seorang raja bernama Raden Wijaya. Lebih tepatnya lagi sekitar tahun 1293 Masehi. Tak hanya itu saja dimana kerajaan Majapahit ini juga di sebut sebagai kerajaan dengan wilayah kekuasaan terbesar yang berada di Indonesia. Dari sejarah Kerajaan Majapahit, sebetulnya sejarah berdirinya kerajaan tersebut berkat adanya sebuah serangan Jayaketwang yang telah berhasil membunuh seorang penguasa dari Kerajaan Singasari. Penguasa tersebut adalah Kertanegara yang dinilai sudah menolak sebuah pembayaran upeti.

Hingga akhirnya menantu dari Kertanegara yang mempunyai nama Raden Wijaya harus melarikan diri menuju ke Madura. Dimana ia berniat meminta sebuah perlindungan kepada Aryawiraraja. Kemudian Raden Wijaya pun diberi hutan tarik oleh Aryawiraraja yang bisa dipergunakan sebagai daerah kekuasaannya. Dimana daerah tersebut akhirnya berubah namanya menjadi Majapahit.

Pastinya nama yang diberikan ini mempunyai makna tersendiri yang berasal dari kata buah maja dan juga rasa pahit. Hingga akhirnya tidak berselang waktu lama, pasukan yang berasal darivMongolia datang langsung menuju ke daerah jawa. Tujuan mereka datang kesana tentunya hanya untuk memberikan sebuah hukuman kepada Kertanegara karena sudah memberikan penolakan atas pembayaran upeti terhadap para pasukan yang berasal dari Mongolia.

Tentunya dalam situasi seperti ini Raden Wijaya berusaha mengambil kesempatan dengan menjalin suatu kerjasama dengan semua pasukan Mongolia. Hal ini bertujuan untuk memberikan penyerangan kepada pasukan Jayaketwang. Hingga akhirnya semua pasukan yang berasal dari Mongolia ini memperoleh bantuan dari Raden Wijaya sehingga menang dan Jayaketwang pun akhirnya terbunuh. Tak berselang lama kemudian, Raden Wijaya harus mengusir semua pasukan Mongolia yang masih ada di tanah Jawa.

Menariknya pengusiran yang dilakukan ini terjadi ketika pasukan Mongolia saat itu sedang berpesta merayakan sebuah kemenangan dari pasukan Jayaketwang. Ketika situasinya sedang lengah, Raden Wijaya pun memberikan sebuah penyerangan terhadap pasukan dari Mongolia. Hingga pada akhirnya Raden Wijaya ini mampu mengusir pasukan tersebut dan mampu naik tahta dengan gelar barunya Sri Kertajasa Jayawardhana tepatnya tahun 1293.

Itulah tadi sedikit ulasan singkat yang mengupas tuntas tentang sejarah Kerajaan Majapahit. Dari sini kita pun semakin paham bagaimana kerajaan ini bisa hadir dan berkembang bahkan mampu memberikan beberapa peninggalan benda bersejarah yang mempunyai banyak makna. Mempelajari tentang sejarah memang penting sekali bagi kita terutama anak muda penerus bangsa ini, https://kalimat.id.